Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Dividen Saham

Dividen, apa itu Dividen? 

Dividen dividen.. Pasti awam ya? 

Yap, Dividen merupakan berkah atau bonus apabila kita memiliki sebuah saham loh. 

Misalkan, apabila kita memiliki suatu saham, anggap saja Saham Telkom (TLKM). Nah dalam 1 tahun operasional perusahaan Telkom (TLKM) Pasti akan memperoleh keuntungan. Maka dari itu Perusahaan Telkom akan membagikan Dividen atau keuntungan dari operasional perusahaan kepada para investor atau para pemegang saham TLKM. 

Besarnya berapa sih dividen itu? 

Tergantung jumlah lot saham yang kita miliki. Makin banyak makin besar cuannya. Heheee.... 

Kemudian nilai Dividen akan di umumkan saat Rapat Umum Pemegang Saham atau RUPS. 

Itu gambaran simpelnya ya. Selengkapnya akan dibahas berikur ini. 

Berikut pembahasan mengenai dividen. 

Saat investor memutuskan untuk membeli saham suatu perusahaan, maka tujuan utamanya ialah untuk mendapatkan keuntungan. Dengan memiliki saham, maka investor memiliki klaim atas pendapatan atau keuntungan yang dihasilkan oleh perusahaan.

Keuntungan yang diperoleh investor dengan memiliki saham ini dikenal dengan istilah dividen. Lantas, apa sih pengertian dari dividen dan bagaimana cara menghitungnya? 

Berikut pembahasannya :

Dikutip dari website Bursa Efek Indonesia,dividen adalah pembagian laba atau hasil yang dibayarkan kepada pemegang saham berdasarkan jumlah saham yang dimiliki. Dividen yang dibagikan, bisa berupa uang tunai maupun saham.

Sementara itu dari sisi Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), dividen adalah bagian laba atau pendapatan perusahaan yang besarnya ditetapkan oleh dewan direksi.

Jadi, investor bisa mendapatkan pembagian dividen ini setelah dilaksanakan Rapa Umum Pemegang Saham (RUPS). Dalam RUPS ini,direksi juga menentukan berapa persen dividen yang akan diberikan kepada investor atau pemegang saham.

Umumnya, pembagian dividen ini dilakukan sekali atau dua kali dalam setahun. Namun, ada juga perusahaan yang tidak membagikan dividen sama sekali selama setahun.

Hal ini bisa disebabkan perusahaan mengalokasikan keuntungan yang diperoleh untuk tambahan modal usaha. Selain itu, perusahaan yang sedang mengalami kerugianu juga biasanya tidak membagikan dividen.

Nah itu pembahasan mengenai dividen. 

Lalu bagaimana cara menghitung nominal dividen? 


Dalam menghitung dividen, terdapat beberapa data yang perlu dipahami. Data tersebut yakni laba bersih perusahaan atau laba bersih per saham, dividend payout ratio (DPR), dan jumlah saham beredar atau outstanding shares.

1. Laba bersih per saham

Laba bersih per saham atau yang sering disebut dengan Earning Per Share (EPS) adalah pembagian antara laba bersih yang didapatkan oleh perusahaan di periode tertentu dengan jumlah saham yang beredar (outstanding shares).

2. Dividend Payout Ratio (DPR) 

Dividend Payout Ratio (DPR) atau Rasio Pembayaran Dividen adalah rasio yang menunjukkan persentase setiap keuntungan yang diperoleh dan didistribusikan kepada pemegang saham dalam bentuk uang tunai.

3. Outstanding Shares

Outstanding Shares adalah jumlah total Lembar saham sebuah perusahaan (emiten) yang dimiliki oleh para investor. Investor ini mencakup investor institusi dan perorangan,termasuk saham yang dimiliki oleh trader jangka pendek.


Praktek penghitungan Nilai Dividen

Kita masuk praktek penghitungannya seperti berikut, Misal PT Unilever mencetak laba bersih sebesar Rp 1 miliar dan kebijakan dividen payout ratio (DPR) atau rasio pembagian saham adalah 50 persen dari laba bersih tersebut.

Maka cara menghitungnya adalah :

Dividen Laba bersih x Dividend Payout Ratio. 

Jadi, Rp 1 miliar x 50 persen = Rp 500 juta.  sementara itu, saham perusahaan yang beredar adalah 5.000.000 lembar saham. Jadi, besaran dividen per lembar saham yang akan dibagikan ke investor adalah :

Dividen/jumlah saham beredar.

Rp 500 juta/5.000.000 = Rp 100 per lembar saham.

Jadi di peroleh Rp 100/Lembar saham PT Unilever. Tinggal Dikalikan saja Rp 100 dengan jumlah lot saham yang kita punya. 

Bagaimana sobat jedanulis? Sudah paham mengenai apa itu dividen dan cara menghitungnya? 


Semoga bermanfaat, 


Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Pengertian Dividen Saham"